Sabtu, 11 Januari 2014

Khasiat Tanaman Obat Mengkudu Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Obat Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengkudu (bahasa latin Morinda Citrifolia) atau Pace adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ciri-Ciri buah mengkudu adalah berwarna kuning, tidak rata dan berbau tidak sedap. Dibalik bau yang tidak sedap itu ternyata Khasiat Mengkudu sangat banyak.

Mengkudu juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang menyimpan banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu mengkudu juga digolongkan sebagai tanaman herbal karena memiliki khasiat bagi tubuh. Tanaman ini masih satu famili dengan Rubiaceae (suku kopi-kopian). Di beberapa daerah di Indonesia, mengkudu memiliki nama lain, misalnya Cangkudu dari Sunda, Tibah dari Bali, Kodhuk dari Madura, Keumeudee dari Aceh, Pace, Kemudu dan Kudu dari Jawa.

Menurut Pakar dan Peneliti Pangan IPB, Dr.Ir. Inggrid S. Waspodo Manfaat Buah Mengkudu antara lain sebagai berikut : 

1. Mencegah dan Melawan Tumor atau Kanker 

Mengkudu secara luar biasa telah terbukti dalam mencegah kanker dan tumor berbahaya. Bila di konsumsi dalam jangka waktu lama dapat membunuh kanker dan tumor yang sudah mengakar dalam tubuh. Penelitian ini sangat penting karena merupakan alternatif dalam menyembuhkan penyakit yang berbahaya.

2. Menormalkan Tekanan Darah 

Buah mengkudu mengandung sejenis fitonutrien, adalah scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dalam hal ini berarti menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras dalam memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal kembali.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Buah mengkudu dapat merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh (sel T penting dalam melawan penyakit). Memperkuat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun secara tidak langsung dapat membunuh bakteri atau virus yang ada dalam tubuh kita.

4. Anti Peradangan dan Anti Alergi 

Senyawa scopoletin (hidroksi-metoksi-kumarin) sangat efektif sebagai zat anti radang dan anti alergi. Literatur kedokteran melaporkan keberhasilan pengobatan pada arthritis, bursitis, car-pal tunnel syndrome dan alergi dengan menggunakan scopoletin.

5. Menghilangkan Rasa Sakit 

Riset ilmiah telah membuktikan efek menguntungkan dari mengkudu dan mengatasi rasa sakit. Penelitian ini terbukti karena senyawa yang ada dalam mengkudu sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit terutama rasa nyeri dalam tubuh.

6. Anti Bakteri 

Hasil penelitian yang dimuat dari Pacific Science Journal melaporkan bahwa mengkudu mengandung bahan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dan masalah pencernaan.

Selain dapat mengobati penyakit diatas, mengkudu dapat bermanfaat mencegah dan mengurangi penyakit seperti berikut : Alergi, Arthritis atau Rematik, Asma, Gangguan Otot, Depresi, Diabetes Tipe 1 dan 2, Gangguan Pencernaan, Penyakit Ginjal, Meningkatkan Energi, Penyakit Jantung, Mengurangi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi), HIV-AIDS, Gangguan Imunitas, Gangguan Haid, Meningkatkan Kewaspadaan, Multiple Sclerosis, Meningkatkan Massa Otot, Obesitas, Nyeri termasuk Nyeri Kepala, Gangguan Pernapasan, Gangguan Kulit dan Kepala, Mengatasi Imsomnia, Menghentikan Kebiasaan Merokok, Mengatasi Stress, Mengatasi Stroke, dan meningkatkan kondisi kesehatan secara umum.

Cara Membuat Ramuan Mengkudu
:

Ambil 2 buah mengkudu masak yang dihilangkan bijinya, kemudian daging buahnya dihancurkan, diperas dan airnya dikumpulkan. Kemudian tambah 20 ml madu asli, diaduk, saring kembali, serta air saringannya ditambah air masak sampai 100 ml. Maka larutan inilah yang kemudian diminum sebagai obat.

Itulah ulasan informasi tentang Khasiat Tanaman Obat Mengkudu Untuk Kesehatan tubuh kita, dengan memanfaatkan tanaman atau buah herbal yang dapat dijadikan sebagai pengobatan senantiasa dapat menjadi pengobatan alternatif untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar