Kamis, 09 Januari 2014

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan >> Berikut ini akan kami sajikan informasi tentang khasiat kulit manggis untuk kesehatan tubuh kita. Kulit manggis yang selama ini hanya menjadi sampah, ternyata dapat dimanfaatkan pengobatan untuk berbagai jenis penyakit. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Kulit Manggis

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis sering di juluki dengan sebutan “Queen Of Fruit” karena buah manggis memeiliki banyak khasiat dalam pengobatatn yang memiliki nama latin Garcinia Mangostana Linn, merupakan buah tanaman tropik yang banyak tumbuh di Indonesia dan di Asia Tenggara yang lain.

Semenjak berabad-abad silam orang-orang dari benua Asia memiliki pengetahuan maju terhadap obat-obatan tradisional yang secara turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi. Selain diwariskan kepada penduduk asli benua Asia, pengetahuan akan obat-obatan ini pun diajarkan kepada para penjelajah dari Benua Eropa. Salah satu obat tradisional yang berasal dari kawasan Asia dan terus diteliti sampai saat ini adalah buah Manggis, yang memliki kandungan zat yang bisa dijadikan obat alternatif berkhasiat tinggi terutama pada kulitnya.

Hingga saat ini banyak para ilmuan yang telah melakukan studi modern dan penelitian pada buah serta kulit manggis, hasilnya mampu membuka rahasia buah manggis yang memiliki kandungan zat luar biasa dan pada akhirnya akan memberikan dampak positif pada dunia kesehatan. Para Ilmuan telah mengidentifikasi senyawa utama yang ditemukan pada buah Manggis yang memiliki kandungan menyehatkan bagi tubuh manusia yang menkonsumsinya.

Buah manggis memiliki karakteristik yang identik dengan warna ungu pekat pada kulitnya dan rasa buah manis yang menyegarkan. Dari hasil penelitian para ilmuan tadi, buah dan kulit manggis mengandung 50 lebih bahan xanthones, xanthones adalah sejenis zat superantioksidan terutama pada kulitnya. Buah manggis juga mengandung cathechins, polikasanida, dan polifenol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antikulat. Zat lain yang terdapat dalam buah manggis adalah vitamin C, B1 dan B2, niasin, zat besi, protein, kalsium, dan serat. Dengan banyaknya kandungan zat-zat bermanfaat bagi tubuh manusia maka para ilmuan dan peneliti menggolongkan buah manggis ini pada salah satu tanaman obat.
Kandungan Yang Terdapat Di Dalam Kulit Manggis

Kandungan di dalam kulit manggis didominasi oleh Xanthone, kandungan tinggi sebesar 40 persen (123,97 mg/ml) berfungsi untuk mennghilangkan penyakit dan memperbaiki sel-sel rusak sekaligus melindungi sel-sel yang berguna bagi tubuh. Khasiat kulit Manggis dapat memperbaiki sistem antibodi di dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel dalam tubuh. Kandungan Xanthone yang terdapat pada kulit manggis yang berperan sebagai antioksidan yaitu alpha mangostin dan gamma mangostin.

Alpha Mangostin dan Gamma Mangostin berperan sebagai imunitas, anti-biotik, anti-jamur, anti-virus, anti-kanker, anti-diabetes, dan anti-radang. Khasiat kulit manggis juga ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker. Karena antioksidan dalam kulit manggis yang tinggi dapat mendorong sel kanker untuk melakukan apoptosis atau pemusnahan sel kanker, juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kulit manggis berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit kanker seperti, kanker payudara, kanker darah (leukimia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker hati.

Khasiat Kulit Manggis Sebagai Pengobatan
  • Membantu memperkuat kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit berat maupun ringan
  • Membantu menggagalkan kerusakan DNA, komunikasi antar sel dan memelihara sel-sel tubuh
  • Membantu pengoptimalan fungsi kelenjar gondok dan pengoptimalan metabolisme tubuh
  • Membantu menyembuhkan kerusakan syaraf, penyembuhan terhadap luka dan memperkuat pembuluh darah
  • Membantu menjaga kesehatan jantung dengan menekan kolesterol jahat tekanan darah tinggi
  • Membantu menghilangkan penyakit kulit (neurodermatitis) dan penyakit gatal-gatal kulit lainnya
  • Membantu kita agar lebih awet muda dan memperlambat proses penuaan dini.
  • Membantu mencegah kemandulan dan pembesaran prostat
  • Membantu meringankan penyakit asma, dan berbagai alergi makanan.
  • Membantu memperkuat otot, memperkuat gigi dan gusi serta tulang
  • Membantu Meringankan penyakit akibat pengapuran tulang (osteoporosis)
  • Membantu meringankan gejala sakit sebelum menstruasi, pembengkakan akibat menstruasi dan gejala menopause
  • Membantu memperkuat pernapasan serta meringankan radang tenggorokan, pembengkakan paru-paru dan berbagai masalah pernapasan lainnya
  • Membantu Mengatasi berbagai masalah di wajah seperti jerawat, bekas gigitan, terbakar dan meringankan ketegangan diwajah
  • Membantu Mengurangi sakit gigi karena salah satu khasiat alaminya adalah sebagai obat tidur alamiah.
  • Membantu menurunkan demam baik untuk anak kecil maupun orang dewasa, dan mengurangi sakit pada gigi serta penyakit pada mulut lainnya
  • Membantu mengurangi efek samping dari stres dan depresi
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan dengan memperkuat alat-alat pada sistem pencernaan
  • Membantu menetralkan kinerja sel-sel darah (baik sel darah merah ataupun sel darah putih)
  • Membantu mencegah gangguan hyperaktif pada anak kecil dan memperkuat kekebalan tubuh terhadap berbagai macam alergi makanan
Itulah ulasan informasi tentang Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan, anda bisa mengolah sendiri kulit manggis untuk dikonsumsi. Namun pengolahan kulit manggis harus benar-benar sesuai ketentuan dan kadar yang diatur. Karena dalam kulit manggis mengandung resin, tanin, serat kasar, serta komponen lainnya yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dalam kadar tinggi. Maka dari itu kami sarankan anda untuk menkonsumsi kulit manggis yang sudah diolah yang memiliki ijin produksi dan ijin dinas kesehatan. Semoga inforamsi ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar