Rabu, 15 Januari 2014

Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Mulai dari penyakit ringan seperti flu, gatal-gatal, alergi dan penyakit berat seperti kanker, diabetes, hepatitis dan asam urat. Tanaman mahkota dewa bisa ditemukan ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias atau di kebun-kebun sebagai tanaman peneduh. Asal tanaman mahkota dewa masih belum diketahui. Menilik nama botaninya Phaleria papuana, banyak orang yang memperkirakan tanaman ini populasi aslinya dari tanah Papua, Irian Jaya. Di sana memang bisa ditemukan tanaman ini.

Mahkota dewa tumbuh subur di tanah yang gembur dan subur pada ketinggian 10-1.200 m dpl. Tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi 1-2,5 m. Batangnya bulat, permukaannya kasar, warnanya cokelat, berkayu dan bergetah, percabangan simpodial. Daun tunggal, letaknya berhadapan, bertangkai pendek, bentuknya lanset atau jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan licin, warnanya hijau tua, panjang 7-10 cm, lebar 2-5 cm. Bunga keluar sepanjang tahun, letaknya tersebar di batang atau ketiak daun, bentuk tabung, berukuran kecil, berwarna putih, dan harum. Buah bentuknya bulat, diameter 3-5 cm, permukaan licin, beralur, ketika muda warnanya hijau dan merah setelah masak. Daging buah berwarna putih, berserat, dan berair. Biji bulat, keras, berwarna cokelat. Berakar tunggang dan berwarna kuning kecokelatan. Perbanyakan dengan cangkok dan bijinya.

Kandungan Mahkota Dewa dan Manfaatnya

1. Alkaloid

Alkaloid sangat bermanfaat untuk proses detoksifikasi tubuh atau pengeluaran racun-racun do dalam tibuh. Akibatnya, buah ini bisa menetralkan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh.

2. Saponim

Saponim berfungsi untuk meningkakan sistem kekebalan tubuh serta vitalitas tubuh. Selain itu, saponim ini juga bersifat sebagai anti bakteri dan anti virus yang juga berperan dalam mengurangi kadar gula dan penggumpalan darah.

3. Flavonoid

Flavonoid bersifat anti radang, sehingga berperan dalam mengurangi munculnya penyakit jantung, menurunkan kadar koleterol jahat dan mencegah terjadinya timbunan lemak di dalam pembuluh darah. Apabila terjadi pendarahan dan pembengkakan, mahkota dewa dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi.

4. Polifenol

Polifenol berkhasiat untuk mengurangi alergi yang sering kali terjadi pada sebagian orang.

Bagian tanaman mahkota dewa yang dijadikan sebagai bahan pembuatan obat yaitu buah dan daunnya. Untuk mahkota dewa, tidak bisa dikonsumsi secara langsung dan harus diolah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sebagian bahan obat tersebut mengandung racun yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh. Dengan kata lain, sebelum dikonsumsi sebaiknya buah diproses terlebih dahulu. Berikut tahapan pengolahan buah mahkota dewa menjadi teh:

  • Petik buah mahkota dewa yang sudah tua atau matang dipanen, lalu pilih buah yang utuh serta bebas dari bekas serangan hama dan penyakit.
  • Cuci di bawah air mengalir, tanpa menggunakan sabun.
  • Ambil kulit dan daging buahnya dengan cara diiris tipis. Hati-hati cangkang jangan sampai terambil karena bagian inilah yang beracun. kemudian dikeringkan hingga 10% dari berat basah.
  • Ambil potongan tersebut lalu disangrai selama lima menit.
Dengan mengkonsumsi mahkota dewa secara rutin dan teratur, khasat dari tanaman mahkota dewa akan semakin terasa dan mendapatkan hasil yang optimal. Rasa yang pahit menjadikan buah yang satu ini sulit untuk dikonsums, anda dapat mencampurnya dengan gula atau madu sebagai bahan pemanis yang alami.

Demikianlah informasi tentang Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Untuk Kesehatan tubuh, semoga dengan adanya informasi  ini dapat memberikan manfaat. Simak pula artikel kesehatan kami lainnya yaitu Khasiat Tanaman Sambiloto Untuk Kesehatan.

7 komentar:

  1. makasih ya gan untuk infonya semoga selalu bertambah sukses

    BalasHapus
  2. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. mantap bos buat artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  4. terimakasih sob infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  5. makasih sob untuk infonya semoga tambah sukses aja.

    BalasHapus
  6. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  7. bagus bos artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus