Kamis, 16 Januari 2014

Khasiat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Jambu biji yang bernama latin (psidium guajava) merupakan tanaman yang mudah kita jumpai di sekitar tempat tinggal kita dan tanaman ini sangat mudah sekali tumbuh subur di bumi indonesia, bahkan kini telah banyak yang membudidayakannya. Tetapi tahukah anda bahwa tumbuhan Jambu Biji bukanlah tumbuhan asli Indonesia. Tumbuhan Jambu Biji merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan, Jambu biji adalah salah satu buah tropis yang kaya akan gizi. Jambu biji memiliki rasa yang manis, aroma menggoda dan menyegarkan membuat buah ini banyak disukai oleh banyak orang. Jambu biji merah memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun ternyata hanya sebagian orang saja yang telah memahami khasiat dari buah jambu biji merah ini. Perlu kita ketahui, buah ini begitu kaya akan kandungan gizi yang penting dan berkhasiat bagi kesehatan dan kehidupan kita.

Berikut di bawah ini akan kami sajikan informasi tentang kandungan apa saja yang terdapat dalamnya dan berbagai manfaat yang dimiliki oleh buah jambu biji merah ini.

Kandungan Gizi yang terkandung dalam 100 gram Buah Jambu Biji :
  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g
Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

1. Pencegahan Kanker

Jambu biji rendah akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

2. Melancarkan Proses Pencernaan dan Mencegah Sembelit

Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 % kebutuhan serat yang disarankan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

3. Sebagai Sumber Antioksidan

Vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kalium nya, juga seratnya yang mengikat lemak. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga Kesehatan Fungsi Otak dan Saraf

Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.

6. Menjaga Kekebalan Tubuh dan Penangkal Radikal Bebas

Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah – buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

7. Merawat kulit

Kandungan astringet dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

8. Bermanfaat Sebagai Desinfektan dan Anti Bakteri

Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji merah, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

9. Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin A dan flavonoid

Sumber Vitamin A dan flavonoid itu diantaranya seperti beta-karoten, Zat likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

Buah jambu biji merah dapat dikonsumsi secara langsung, atau dijadikan jus jambu biji merah. Demikian ulasan informasi tentang Khasiat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Simak pula artikel kami lainnya tentang >> Khasiat Tanaman Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar